Bicara Pancing

"Kalau bicara pancing antara sesama spesies angler nggak bakalan ada abis-abisnya. Selalu ada yang baru, walaupun barang lama dengan kemasan yang baru akan tetap selalu menarik."


..................... notulen kongkow dalam sebuah trip



Blog ini berisi catatan-catatan pemancing yang kebetulan disajikan tidak urut kronologis, by ingatan only!


=======================================================

Sabtu, 11 Oktober 2008

Ratio Senar 1:3

Berburu dan memancing adalah hobby outdoor yang susah dilepaskan dari kegiatan hari-hari “blank” yang bisa dimanfaatkan. Sebagai kaki pancing kadang-kadang untuk mengisi waktu kosong kalau nggak turun kelapangan, biasanya aku hunting alat-alat baru atau majalah/tabloid atau apa aja yang berhubungan dengan berburu atau pancing.

Akhir november lalu ketika setelai membeli dua gulung senar ukuran 50 lbs dan 80 lbs, aku memindahkan senar tersebut kedalam spool reel pancing. Ketika sedang menggulung senar tersebut tidak lama dari depan rumah terdengar suara mobil berhenti dan mesin dimatikan. Pintu depan diketuk, sambil ogah-ogahan aku kedepan dan membuka pintu depan, ternyata yang datang adalah bapak Ronald Lolang salah seorang guru kegiatan outdoorku yaitu berburu dan memancing.

Sambil berbarengan masuk kedalam rumah beliau menanyakan aktivitasku dan sekenanya kujawab sedang memindahkan senar kedalam spool reel, kembali ketempat kerjaku sambil mempersilahkan duduk aku meneruskan kegiatanku. Beliau kemudian membuka pembicaraan dengan menanyakan ukuran senar yang sedang dikerjakan dan tentu saja kujawab ukuran 50lbs dan 80 lbs. Langsung beliau tercengang dan menanyakan itu senar untuk mancing ikan sebesar apa, kemudian beliau memberikan statement.

“Jika ukuran senar tertera 50lbs, maka ikan yang dapat dipancing dengan ukuran itu semestinya bisa mencapai ukuran 150lbs”, mancing dengan senar ukuran sebesar itu sih katanya nggak level disebut pemancing, mancing dengan ukuran senar besar hanya untuk pemula. “Jangan ngaku pemancing kalau masih menggunakan senar-senar besar diatas 40 lbs” katanya. Lagian sekarang nyari ikan-ikan yang beratnya diatas 50lbs dimana? Masih ada memang akan tetapi nggak banyak dan tempatnya relatif jauh/terpencil.

Berhubung beliau adalah guru kegiatan outdoor maka anjuran itu kuikuti sampai sekarang dan semakin lama piranti-piranti yang kugunakan semakin bertambah kecil baik dari sisi ukuran maupun kemampuan. Dan mancing dengan piranti kecil ternyata lebih mengasyikan, karena benar-benar keterampilan mengendalikan situasi dibutuhkan untuk bisa mendapatkan ikan dan itu sebuah tantangan sekaligus menjadi sensasi strike yang luar biasa.

Hidup piranti ringan !

Tidak ada komentar: